TEORI ORGANISASI PUBLIK, dan ORGANISASI &

MANAJEMEN PEMERINTAHAN

PENDAHULUAN

Administrasi

Administrasi berasal dari kata “Ad” dan “Ministro” (latin) yang berarti “melayani” atau “menyelenggarakan” (Webster, 1974).

Administrasi ialah proses kegiatan yang dilakukan seorang administrator secara teratur dan diatur menerusi perencanaan, pelaksanaan, danpengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Administrasi ialah proses kerja sama secara rasional untuk mencapai tujuan secara efisien dan efektif.

Administrasi adalah pengkoordinasian dan pengarahan sumber tenaga manusia dan material untuk mencapai tujuan yang diinginkan (John M. Phiffnerdan RV Presthus dalam buku Public (Administration).

Administrasi menekankan kegiatan pengkoordinasian orang yang berkerja sama, alat dan dana yang digunakan untuk mencapai tujuan yang inginkan.

Administrasi adalah pengarahan, kepemimpinan, dan pengendalian dari usaha kelompok orang dalam rangka pencapaian tujuan yang umum atau pokok (William H. Newman dalam buku Administration Action).

Pelaksana administrasi adalah seorang yang disebut administrator. Ketika organisasi belum maju dan belum terlalu kompleks, seorang administrator melaksanakan fungsi perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan. Setelah maju dan bersifat kompleks, maka tugas administrator lebih ditumpukan kepada pengawasan dan koordinasi.

Tugas seorang administrator dalam melakukan administrasi mencakup koordinasi dan pengawasan/pengendalian.

Pada saat kegiatan administrasi telah maju, maka pelaksanaan administrasi dilaksanakan oleh orang yang bekerjasama dalam melaskanakan tugas untuk mencapai tujuan bersama, dan untuk itulah diperlukan organisasi dan manajemen.

Organisasi

a)      Organisasi ialah suatu wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama, untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

b)      Ciri organisasi ialah: 1) terdiri dari pada dua orang atau lebih, 2) ada kerjasama,  3) ada komunikasi antar satu anggota dengan yang lain, 4) ada tujuan yang ingin dicapai.

c)       Herbert.A.Simon
Organisasi adalah sebagai pola komunikasi  lengkap dan hubungan lain di dalam suatu kelompok orang (Organization is thecomplex pattern of communication and other relations in a group of human being).

d)      Secara sederhana, organisasi adalah suatu kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan

bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang ada.

e)      ChesterL.Barnard
Organisasi adalah sebuah sistem aktivitas kerjasama dua orang atau lebih dari sesuatu yang tidak berwujud dan tidak pandang bulu, yang sebagian besar tentang persoalan silaturahmi (Organization is a system of cooperative activities of two or more person something intangible and impersonal.Largely a matter of relationship).

f)       JohnD.Millet
Organisasi adalah kerangka struktur dimana pekerjaan orang diselenggarakan untuk mewujudkan suatu tujuan bersama (Organization is the structural framework within which the work of many individuals is carried on for the realization of common purpose).

g)      DwightWaldo
Organisasi adalah sebagai suatu struktur dari kewenangan-kewenangan dan kebiasaan dalam hubungan antara orang-orang pada suatu system administrasi (Organization is the structure of authoritative and habitual personal interrelations in an administrative system).

h)      JamesD.Mooney
Organisasi adalah perserikatan orang untuk mencapai suatu tujuan bersama(Organization is the form of every human association for the attainment of common purpose).

i)        Luther Gulick

Organisasi adalah suatu alat yang saling berhubungan pada satuan kerja yang memberikan mereka kepada orang yang ditempatkan dalam struktur kewenangan; dus dengan demikian pekerjaan dapat dikoordinasikan oleh perintah atasan kepada bawahan yang menjangkau dari puncak sampai ke dasar dari seluruh badan usaha (Organization is the means of interrelating the subdivisions of work by allotting them to men who are placed in a structure of authority, so that the work may be coordinated by orders of superiors to sub ordinates, reaching from the top to the bottom of the entire enterprise).

Organisasi sebagai suatu kelompok orang yang bersatu dalam tugas-tugas,
terikat pada lingkungan tertentu, menggunakan alat teknologi dan patuh pada
peraturan (Malinowski).

Organisasi timbul bilamana orang yang bergabung di dalam suatu usaha mencapai tujuan bersama (James D. Mooney).

Organisasi ada bila orang-orang berhubungan satu dengan yang lain, mau bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama (Chester I. Barnard).

Organisasi sebagai suatu kesatuan, yaitu sekelompok orang yang terlibat bersama di dalam hubungan yang resmi untuk mencapai tujuan (Henry L. Sisk).

Organisasi merupakan suatu sistem terbuka, yang memiliki interaksi konstandengan lingkungannya, serta terdiri dari banyak sub-grup, unit-unit jabatan,susunan hierarki serta segmen yang tersebar secara geografis (Schein).

Organisasi dapat dilihat dengan dua cara berbeda, iaitu: 1) organisasi sebagai system terbuka yang terdiri atas sub-sistem yang saling berkaitan 2) organisasi sebagai sekelompok orang yang berkerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama (Monir H. Thayeb).

* ) Organisasi dapat diartikan dalam dua macam, yaitu:
1. Dalam arti statis, yaitu organisasi sebagai tempat dimana kegiatan kerjasama dijalankan. Dalam arti dinamis, yaitu organisasi sebagai sistem proses interaksi antara orang yang bekerjasama, baik formal maupun informal.