* INPUT
* OUTPUT PROGRAM
* LISTING PROGRAM
IDETIFICATION DIVISION.
PROGRAM-ID. INPUT.
AUTHOR. FERDIAN.
ENVIROMENT DIVISION.
DATA DIVISION.
WORKING-STORAGE SECTION.
01 MHS.
02 NAMA PIC A(10)
02 NPM PIC X(8)
02 KELAS PIC X (9)
SCREEN SECTION.
01 BERSIHKAN-LAYAR.
02 BLANK SCREEN.
PROCEDURE DIVISION.
MULAI.
DISPLAY BERSIHKAN-LAYAR.
DISPLAY (09, 09) “NAMA : “.
ACCEPT ( , ) NAMA.
DISPLAY (10, 09) “NPM : “.
ACCEPT ( , ) NPM.
DISPLAY (11, 09) “KELAS : “.
ACCEPT ( , ) KELAS.
DISPLAY (13, 09) “ NAMA : “ NAMA.
DISPLAY (14, 09) “ NPM : “ NPM.
DISPLAY (15, 09) “ KELAS : “ KELAS.
SELESAI.
STOP RUN.
* PENJELASAN
* IDETIFICATION DIVISION merupakan divisi yang pertama dalam cobol yang sederhana.
* PROGRAM-ID. INPUT. (Nama program Input) : panjang maks hanya 6 karakter.
* AUTHOR. FERDIAN. (Nama programmer ferdian)
* ENVIROMENT DIVISION. Menyediakan informasi mengenai peralatan yang digunakan.
* WORKING-STORAGE SECTION. Untuk pemesanan program di internal memory (STORAGE) yang
diperlukan oleh pekerjaan (working) proses program.
* 01 MHS.
* 02 NAMA PIC A(10). Untuk menentukan type data karakter
* 02 NPM PIC X(8). Untuk menentukan type data karakter dan numeric
* 02 KELAS PIC X (9). Untuk menentukan type data karakter dan numeric
* SCREEN SECTION. Digunakan u/ menunjukan format dari layar terminal u/ menampilkan data
atau memasukan data.
* BERSIHKAN-LAYAR
* BLANK SCREEN. digunakan untuk membersihkan layar dan menempatkan kursor pada posisi
kiri atas.
* PROCEDURE DIVISION. Meruoakan inti dari pemrograman COBOL.
* DISPLAY BERSIHKAN-LAYAR
* DISPLAY (09, 09) “ NAMA : “. Digunakan untuk menapilkan “NAMA” pada baris 9 kolom ke 9.
* ACCEPT ( , ) NAMA. Digunakan untuk memasukan data lewat layar sewaktu program tersebut
dijalankan (runtime).
* DISPLAY (09, 09) “ NPM : “. Digunakan untuk menapilkan “NPM” pada baris 10 kolom ke 9.
* ACCEPT ( , ) NAMA. Digunakan untukmemasukan data lewat layar sewaktu program tersebut
dijalankan (runtime).
* DISPLAY (09, 09) “ KELAS : “. Digunakan untuk menapilkan “KELAS” pada baris 11 kolom ke 9 .
* ACCEPT ( , ) NAMA. Digunakan untukmemasukan data lewat layar sewaktu program tersebut
dijalankan (runtime).
* DISPLAY (13, 09) “ NAMA : “ NAMA. Digunakan untuk menampilkan karakter “NAMA” pada
output program pada baris ke 13 kolom ke 09.
* DISPLAY (14, 09) “ NPM : “ NPM. Digunakan untuk menampilkan karakter “NPM” pada
output program pada baris ke 14 kolom ke 09.
* DISPLAY (15, 09) “ KELAS : “ KELAS. Digunakan untuk menampilkan karakter “KELAS” pada
output program pada baris ke 15 kolom ke 09.
* SELESAI. Program selesai
* STOP RUN. Program berakhir dan siap dijalankan.