PENGALAMAN DALAM BERORGANISASI FORMAL DAN INFORMAL

  1. a. Organisasi informal.

Semenjak saya bersekolah secara tidak langsung kita sudah terlibat dalam organisasi. Yang dimulai dari pembentukan kelompok diskusi atau belajar antar sesama siswa guna mengerjakan tugas-tugas yang diberikan  guru. Dalam satu kelas siswa dibagi dalam beberapa kelompok belajar yang beranggotakan 5-8 orang dalam satu kelompok yang hanya terdiri dari ketua kelompok saja sebagai memimpin kelompok tersebut. Dan semua kedudukan adalah sama dan dalam pengambilan keputusan dilakukan secara musyawarah.

Tugas dari pada ketua kelompok adalah mengkordinir anggota agar kegiatan yang hendak dilakukan dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

  1. b. Organisasi formal.

Pengalaman saya dalam organisasi formal pada waktu duduk di bangku SMK pada saat itu saya dan teman-teman SMP saya ingin membuat orgaisasi ambalan pramuka di SMPN 23 Bekasi yang dulu menjadi tempat kami menuntut ilmu, dan belajar banyak tentang organisasi. Setelah terbentuk dan di resmikannya ambalan kami. Dan ambalan kamipun mendapat undangan dari kecamatan untuk membentuk suatu dewan kerja yang berguna untuk masyarakat setelah struktur organisasi terbentuk dan diresmikan kamipun mulai mengadakan rapat untuk membuat planning, salah satunya adalah mengadakan jambore ranting yang diadakan di bumi perkemahan cibubur.

Satu hari sebelum hari H kamipun mengadakan rapat dan mempersiapkan semuanya untuk menyusun acara dan membagi tugas agar acara dapat berjalan sebagaimana mestinya, pada hari H kamipun sudah berada dan segera mengambil tugas masing-masing, acara pun berjalan dengan lancar dan baik, semua ini tidak akan berjalan lancar apabila komunikasi dan kordinasi antar anggota tidak ada, maka dalam suatu organisasi akan hacur apa bila antar anggota tidak ada komunikasi.

Dari sinilah saya belajar banyak tentang organisasi dan banyak konflik2 yang akan di timbulkan apabila komunikasi antar anggota terputus, dan tidak adanya kordinasi, terjadinya perbedaan pendapat, maka dari itu sifat saling menghormati dan menghargai juga sangat penting dalam organisasi formal.

Advertisements