Sistem Office Automation

Dalam organisasi bisnis modern, kesuksesan sangat tergantung dari kemampuan organisasi untuk mendapatkan data dan informasi secara cepat, akurat, dan juga menggunakannya untuk menunjang aktivitas bisnis sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat suatu basis data yang belum ada di perusahaan dan menjadikan bagian-bagian yang terlibat dalam proses proyek menjadi tersambung dengan demikian terjadi suatu otomatisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dengan pendekatan siklus hidup basis data (database lifecycle.

Penelitian dilakukan dengan menganalisa sistem yang berjalan sebelumnya di perusahaan dan setelahnya merancang suatu basis data yang dibutuhkan untuk menunjang proses proyek, seperti data barang, spesifikasi teknik, purchase order, dan data-data lainnya. Dari penelitian akan dihasilkan rancangan basis data konseptual, logikal, dan fisikal beserta implementasi aplikasinya untuk mendukung proses operasional bisnis.

Simpulan yang diperoleh dengan adanya suatu basis data yang mendukung sistem office automation di dalamnya diharapkan semua bagian yang terlibat proyek tersambung dan dapat memenuhi kebutuhan informasi secara akurat, cepat, serta dapat menunjang aktivitas bisnis sehari-hari proses proyek.