Ikan Tuna termahal di dunia

Seekor ikan tuna di pusat pelelangan ikan Tokyo Metropolitan Central Wholesale Market memecahkan rekor sebagai ikan tuna termahal di dunia. Berapa harga lelang daging ikan yang akan dibuat sushi tersebut?

Jangan terkejut, harganya mencapai 32,4 juta yen atau 396 ribu dolar AS. Bila dikurs ke dalam rupiah, harganya mencapai Rp 3,5 miliar rupiah! Inilah tuna paling mahal sedunia di pasar ikan internasional. Dalam catatan Tokyo Metropolitan Central, harga ikan tuna itu tertinggi sejak pencatatan lelang tahun 1999.  Tuna beruntung itu memiliki berat 342 kilogram. Bila dipecah per kilogramnya, maka harga ikan itu mencapai 95 ribu yen per kilogram atau sekitar Rp 9,5 juta per kilogram.

Si tuna ditangkap nelayan di perairan Hokkaido, sebelah utara Jepang. “Kualitas ikannya sangat bagus,” kata Yosuke Imada, pemilik restoran Kyubei Sushi, di Tokyo.  Tangkapan mahal ini dibeli oleh Imada dan pengusaha restoran dari Hong Kong, Itamae Sushi. Imada mengakui kalau harga jual sushi tuna ini bakal membuat tekor pelanggan. “Hargannya memang akan sangat mahal,” kata dia. Tapi ia menilai, harga itu akan membuat iklan yang baik bagi restorannya. Harga gila-gilaan untuk seekor tuna ini merefleksikan meningkatnya permintaan daging ikan berkualitas tinggi di Asia. Jepang dan Cina adalah pembeli utama ikan tuna tersebut.(republika)

Advertisements