• BUS

BUS adalah Jalur komunikasi yang dibagi pemakai Suatu set kabel tunggal yang digunakan untuk menghubungkan berbagai subsistem

BUS Sistem adalah Sebuah Bus yang menghubungkan komponen-komponen utama computer (CPU, Memori,I/O)

  • ORGANISASI BUS

Jalur Kontrol

-Berisi signal request dan sinyal acknowledgements

-Mengindikasikan tipe informasi pada jalur data.

Jalur Data

-Membawa informasi antara sumber dan tujuan data  dan alamat dan

perintah-perintah kompleks

  • MASTER VS SLAVE

Suatu transaksi bus meliputi 2 komponen

–          Mengeluarkan perintah dan alamat

–          Memindahkan data

Master :

–          Bus yang memulai transaksi bus

Slave :

–          Bus yang bereaksi terhadap alamat data

  • STRUKTUR BUS

Saluran Data

Saluran data memberikan lintasan perpindahan data antara dua modul sistem. Saluran ini secara kolektif disebut bus data. Umumnya bus data terdiri dari 8, 16, 32 saluran, jumlah saluran diakitakan dengan lebar bus data. Karena pada suatu saat tertentu saluran hanya dapat membawa 1 bit, Misalnya, bila bus data lebarnya 8 bit, dan setiap instruksi panjangnya 16 bit, maka CPU harus dua kali mengakses modul memori dalam setiap siklus instruksinya.

Saluran Alamat

Saluran alamat digunakan untuk menandakan sumber atau tujuan data pada bus data. Misalnya, bila CPU akan membaca sebuah word data dari memori, maka CPU akan menaruh alamat word yang dimaksud pada saluran alamat. Lebar bus alamat akan menentukan kapasitas memori maksimum sistem. Selain itu, umumnya saluran alamat juga dipakai untuk mengalamati port-port input/outoput. Biasanya, bit-bit berorde lebih tinggi dipakai untuk memilih lokasi memori atau port I/O pada modul.

Saluran Kontrol

Saluran kontrol digunakan untuk mengntrol akses ke saluran alamat dan penggunaan data dan saluran alamat. Karena data dan saluran alamat dipakai bersama oleh seluruh komponen, maka harus ada alat untuk mengontrol penggunaannya. Sinyal-sinyal kontrol melakukan transmisi baik perintah maupun informasi pewaktuan diantara modul-modul sistem. Sinyal-sinyal pewaktuan menunjukkan validitas data dan informasi alamat. Sinyal-sinyal perintah mespesifikasikan operasi-operasi yang akan dibentuk. Umumnya saluran kontrol meliputi : memory write, memory read, I/O write, I/O read, transfer ACK, bus request, bus grant, interrupt request, interrupt ACK, clock, reset.

  • ELEMEN-ELEMEN RANCANGAN BUS

–          Jenis BUS

–          Metode Arbitrasi

–          Timing

–          Lebar BUS

–          Jenis Transfer Data

  • TIPE-TIPE BUS

–          BUS ISA (Industry Standard Architecture)  sebuah bus PC/AT (16 bit) yang beroperasi pada 8,33 MHz

–          BUS PCI(Peripheral Component Interconnect bus) Bus PCI Bus yang beroperasipadakecepatan33 MHz

–          BUS Seri Universal Sebuah bus standart yang disepakati bersama oleh tujuh perusahaan untuk digunakan pada peralatan berkecepatan rendah

Advertisements